Present Tense Part 01

ENGLISH LESSON FOR TODAY

PART 1

HOW TO MAKE A SIMPLE SENTENCE

Para siswa yang baik; kali ini saya sampaikan cara kita memulai kembali belajar Bahasa Inggris yang praktis dan tidak berbelit-belit. Anda pasti bisa..! Percayalah.

Pertama: Tulislah dan katakan tentang diri Anda, misalkan: “Saya Ahmad” dalam bahasa Inggris akan tertulis: “ I am Ahmad” jika anda bernama “Fatimah” maka tulis dan katakanlah: I am Fatimah.

Kedua   : Katakan dan tuliskan tentang pekerjaan Anda, misalkan: “saya seorang pelajar” dalam bahasa Inggris “ I am a student” jika anda seorang petani, maka tulis dan katakan “ I am a farmer”  dan seterusnya… Mudah khan..!

Bila kalimat itu digabung; misalkan: Saya Ahmad, saya seorang petani tapi saya seorang pelajar di SMA  Mojotengah. Kalimat itu akan tertulis dalam bahasa Inggris: I am Ahmad, I am a farmer but I am a student of Mojotengah Senior High School. Rasanya mudah juga belajar bahasa inggris itu ya……?

Ngak nyadar ya bila Anda sesungguhnya sudah pandai berbahasa Inggris? Coba tulis Bahasa Inggrisnya apa:

  1. Saya Pasha , saya seorang penyanyi.
  2. Saya Ashanti, saya cantik, dan saya di Jakarta

Ketiga   : Ceritakan tentang keluarga Anda, misalkan: “Ayahku Bapak Abdullah.“ Bahasa Inggrisnya: “My father is Mr. Abdullah.” Kemudian ceritakan  tentang pekerjaan ayah Anda, misalkan:”Ayahku seorang guru” bahasa Inggrisnya: “My father is a teacher”  dan seterusnya. Latihan sendiri ya…!

Keempat: Bila Anda mau bercerita tentang keluarga Anda yang jumlah orangnya lebih dari satu orang, misalkan: “Saya, dan ayah saya muslim” bahasa Inggrisnya: “I and my father are Moslem”  kata “am” atau “is” diganti dengan kata “are”  nggak boleh ada yang double, seperti:( I am is a student.) Atau seperti kalimat ( I and my father is are Moslem) itumah udah kuno atuuuh…

Kelima: Jika Anda mau mengatakan kata “BUKAN” seperti: “Saya bukan Ahmad” maka tempatkan kata NOT setelah “am” jadi inggrisnya adalah: “ I am NOT  Ahmad”  demikian untuk seterusnya pada semua cara berbahasa Inggris.

Eeeh..alaaaah ternyata guampang bahasa Inggris itu ya..!

Inggris..??? Siapa Taaakuut…!

Ini tugas Wajib Anda, setiap siswa. dan kerjakan pada selembar kertas

Tuliskan Nomor urut,  Nama, serta Kelas Anda

Di Sudut kanan atas

 

Terjemahkan ke dalam Bahasa Inggris yang baik:

 Saya…..(Nama Anda). Saya seorang siswa di sebuah SMA di Wonosobo, Jawa Tengah. Ayah saya seorang petani, Ibu saya seorang pedagang di pasar Wonosobo. Saya seorang…..(Agama Anda). Ibu dan ayah saya juga……(agama mereka). Kakak perempuanku seorang guru di sebuah SMP. Sedangkan adik laki-laki ku seorang pelajar di SD. Rumah kami di sebuah desa. Rumah kami jauh dari kotaa. Rumah kami sederhana. Saya dan seluruh keluarga saya bahagia.

Tetangga saya seorang dokter di sebuah puskesmas. Istrinya seorang perawat di sebuah Rumah Sakit. Rumah meraka sangat bagus. Mereka bahagia. Anak mereka cantik-cantik dan bersih. Saya ingin hidup seperti mereka.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s